Batam (ANTARA News) - Dua Penerbangan dari Medan tujuan Batam dan satu penerbangan sebaliknya dibatalkan akibat kabut asap pekat masih menyelimuti sekitar Bandara Kualanamu.

"Pagi ini yang dari Medan ada pembatalan. Masing-masing Citilink dan Lion Air," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Jumat.

Berdasarkan jadual penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, pesawat Citilink QG 884 dari Medan seharusnya tiba 10.10 WIB, namun dibatalkan.

Selanjutnya penerbangan Maskapai Lion Air JT 957 yang berdasarkan jadual mendarat pukul 10.40 WIB juga dinyatakan batal.

Sementara itu, untuk penerbangan QG 140 dari Batam tujuan Kualanamu yang seharunya terbang dari Batam pukul 08.30 WIB juga masih ditunda.

Demikian juga penerbangan Wings Air IW 2288 tujuan Silangit Sumatera Utara yang seharusnya terbang 08.30 WIB hingga pukul 10.00 WIB masih ditunda.

Satu penerbangan dari Hang Nadim Batam tujuan Bengkulu dari maskapai Lion Air JT 963 yang sedianya terbang pukul 09.10 WIB juga batal.

Suwarso mengatakan, untuk kondisi cuaca di sekitar Bandara Internasional Hang Nadim Batam sebenarnya masih aman untuk penerbangan.

Namun sejumlah bandara tujuan khususnya di Pulau Sumatera masih diselimuti asap pekat akibat kebakaran hutan yang belum teratasi.

Suwarso juga mengatakan, hingga Kamis (3/9) tercatat sekitar 35 penerbangan dari sejumlah bandara di Sumatera dan sebaliknya mengalami delay atau pembatalan akibat gangguan asap.

"Untuk hari ini sepertinya selain tujuan Medan sudah ada membaik. Penerbangan relatif lebih lancar dibanding hari-hari sebelumnya," kata Suwarso.

Posisi Batam yang terletak diantara Pulau Sumatera dan Kalimantan mengakibatkan sering terpapar asap saat terjadi kebakaran hutan pada dua wilayah tersebut.

Pewarta: Larno
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015