Jakarta (ANTARA News) - Grup heavy metal yang dibentuk pada 1968, Black Sabbath, mengumumkan tur perpisahan mereka melalui video yang diunggah di laman resmi band itu.

"Sekarang semua berakhir, tur terakhir dari band metal terbesar, Black Sabbath. Ozzy Osbourne, Tony Iommi dan Geezer Butler menutup bab terakhir dari cerita Black Sabbath...," demikian bunyi narasi dalam video di blacksabbath.com.

Tur perpisahan bertajuk "The End" akan dimulai pada 20 Januari 2016 dan dijanjikan akan melampaui semua tur mereka sebelumnya.

"Ketika tur selesai, akan benar-benar berakhir. Akhir dari band legenda di sejarah rock 'n roll... Black Sabbath," demikian isi pengumuman itu.

Laman nme.com menulis, belum jelas siapa yang akan memainkan drum dalam tur tersebut.

Tommy Clueftos, yang bermain dengan grup solo Ozzy Osbourne, bermain dalam album reuni "13" dan sejumlah tur setelah drummer asli Bill Ward keluar.

Butler kepada NME awal tahun ini pernah mengatakan ia "sama sekali tidak tahu" bahwa rumor tur perpisahan itu akan menjadi kenyataan. 

Sementara, Tony Iommi mengungkapkan antusiasmenya mengikuti tur final tersebut. "Akan menyenangkan menjalani tur terakhir ini...," katanya.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015