Dublin (ANTARA News) - Penyanyi rock Irlandia, Bob Geldof, Jumat, menawarkan diri untuk menampung empat keluarga Suriah di dua rumahnya di Inggris dan menyebut bencana pendatang saat ini sebagai aib memuakkan.

"Saya tidak tahan atas yang terjadi. Saya tidak tahan atas apa yang terjadi pada kita," kata Geldof kepada radio Irlandia, RTE.

"Saya dan Jeanne akan bersiap-siap segera menampung tiga keluarga di tempat kami di Kent dan satu keluarga di apartemen kami di London secepatnya," katanya mengungkapkan.

Geldof mengatakan ia dan pasangannya, Jeanne Marine, bisa menampung pengungsi itu hingga mereka bisa melanjutkan hidup dan memiliki bekal untuk masa depan mereka.

Pemusik itu, yang kemudian menjadi pegiat berbagai masalah sosial, mengatakan foto bocah berusia tiga tahun, Aylan Kurdi, adalah sumber aib.

"Saya melihat (foto) itu dengan rasa malu mendalam dan pengkhianatan mengerikan menyangkut siapa kita dan kita ingin menjadi apa," katanya.

Geldof, mantan pemimpin kelompok musik rock Irlandia Boomtown Rats, mendirikan kelompok musik amal Band Aid pada 1984 guna menggalang dana bagi penanganan kemiskinan di Ethiopia.

Pada tahun lalu, ia mengeluarkan lagu tunggal Band Aid bersama bintang musik, seperti, Bono, Chris Martin dan One Direction, untuk mendorong upaya memerangi Ebola di Afrika barat.

(Uu.SYS/C/T008/B/B002)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015