Makkah (ANTARA News) - Pergerakan jamaah calon haji Indonesia ke Makkah melonjak mulai Jumat seiring dengan masuknya jamaah gelombang kedua dari Tanah Air yang mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, dan langsung diberangkatkan ke Makkah.

"Daker (daerah kerja) Makkah siap menerima lonjakan jumlah jamaah (Indonesia) dari Jeddah dan Madinah," kata Kepala Daker Makkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1436H/2015M Arsyad Hidayat, Makkah, Arab Saudi, Jumat.

Ia mengatakan sepanjang hari ini akan ada 24 kelompok terbang (kloter) yang masuk akan masuk Makkah berasal dari Madinah sebanyak 13 kloter dan Jeddah sebanyak 11 kloter. 24 kloter tersebut membawa 9.961 jamaah, yang sekitar 4.000-an berangkat dari Tanah Air.

"Kami sudah antisipasi peningkatan kedatangan. Kalau gelombang pertama setiap hari hanya 10-11 kloter, dengan adanya gelombang kedua meningkat sampai 24 kloter per hari," kata Arsyad.

Adapun 11 kloter yang mendarat di Bandara KAA sejak Jumat pukul 04.35 Waktu Arab Saudi (WAS) adalah kloter 33, 34, 35 Jakarta - Bekasi (JKS), kloter 20, 21 Jakarta - Pondok Gede (JKG), kloter 13 Medan (KNO), kloter 37 Solo (SOC), kloter 8 Palembang (PLM), Kloter 9 Lombok (LOP), kloter 11 Batam (BTH), dan kloter 10 Balikpapan (BPN).

Sedangkan dari kloter 10 Surabaya (SUB), kloter 15 Solo (SOC), kloter 2 Batam (BTH), kloter 5 Ujung Pandang (UPG), kloter 4 Lombok (LOP), kloter 5 Medan (KNO), kloter 4 Balikpapan (BPN), kloter 16 Solo (SOC), Kloter 12 Jakarta-Bekasi (JKS), Kloter 13 JKS, kloter 9 Jakarta-Pondok Gede (JKG), kloter 9 JKG, dan kloter 14 JKS, dengan total jamaah mencapai 5.328 orang.

Untuk itu, pihaknya telah menyiapakan pemondokan setara hotel bintang tiga dan empat yang tersebar di wilayah Jarwal, Misfalah, Raudah, Syisyah, Masbah Jin, dan Aziziah. "Hotel-hotelnya sudah siap, sebagian juga sudah ditempati oleh jamaah Indonesia yang datang lebih dahulu," katanya.

Sementara Kepala Sektor 8 Daker Makkah Syamsuir yang menerima jumlah kloter dan jamaah terbanyak pada hari ini mengatakan pihaknya telah mengantisipasi lonjakan jamaah ke pemondokan 801 yang merupakan satu-satunya penginapan di sektor 8 yang menampung 21.600 jamaah.

"Sepanjang hari ini kami akan menerima delapan kloter atau sekitar tiga ribuan jamaah yang akan datang ke pemondokan ini. Mudah-mudahan tidak datang bersamaan, sehingga memudahkan pengaturan, terutama area parkir untuk bus," kata dia.

Pada sekitar pukul 10.30 WAS atau sekitar pukul 14.30 WIB, petugas di Sektor 8 menerima rombongan jamaah gelombang ke-2 dari kloter 33 Jakarta-Bekasi (JKS) yang terbagi dalam delapan rombongan yang ditempatkan dalam satu menara namun berbeda lantai.

Mereka mendapat sambutan kedatangan dari Muassasah dan panitia yang menjajakan air zam-zam dan kurma gratis, serta bantuan sigap petugas yang siap membantu mengantarkan jamaah ke lantai masing-masing. "Saya tidak menyangka mendapat penginapan berupa hotel, saya pikir berupa rumah," kata Fatimatuh Jahro dari Indramayu.

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015