Jakarta (ANTARA News) -  Mario Gotze mengantarkan Jerman ke puncak klasemen grup D usai mengalahkan Polandia 3-1 pada laga Kualifikasi Piala Eropa 2016 di Stadion Volksbank, Frankfurt, Jerman, Sabtu dini hari WIB.

Dua dari tiga gol kemenangan Jerman dicetak penyerang Bayern Muenchen, Mario Gotze. Sementara satu gol lainnya dibukukan Thomas Muller.

Jerman unggul duluan lewat gol yang dicetak penyerang Bayern Muenchen Thomas Muller yang memaksimalkan umpan Jonas Hector dari sisi sayap kiri pada menit 12.

Pada menit ke-19, tendangan Mario Gotze memaksa penjaga gawang Polandia, Fabianski, memungut bola dari dalam gawang untuk yang kedua kalinya. Jerman unggul 2-0.

Polandia kemudian mengejar ketertinggalan lewat sundulan Robert Lewandowski usai menerima umpan terukur dari Kamil Grosicki di menit 36.

Pada menit 43, Polandia harus bermain tanpa bek andalannya, Lukas Piszczek, akibat menderita cedera sehingga digantikan oleh Paweł Olkowski. Skor 2-1 bertahan hingga istirahat babak pertama.

Pelatih Jerman Joachim Low memasukan Ilkay Gundogan untuk menggantikan Karim Bellarabi pada awal babak kedua.

Ilkay Gundogan kemudian melepaskan umpan matang kepada Gotze yang langsung melepaskan tendangan keras mengarah kepada penjaga gawang Polandia namun bola tersebut membentur tiang gawang.

Fabianski melakukan penyelamatan gemilang dengan mengagalkan sundulan Matt Hummels di menit 72.

Namun upaya penyelamatan Fabianski akhirnya kandas setelah Mario Goetze kembali mencetak gol memanfaatkan bola pantulan hasil tendangan Muller di menit 82. Skor 3-1 kemenangan Jerman menutup pertandingan ini.

Hasil ini memastikan Jerman menjadi pemuncak klasemen sementara Grup D dengan 16 poin atau unggul dua poin dari Polandia di posisi kedua dari tujuh laga yang telah dimainkan.

Berikut susunan pemain Jerman vs Polandia dilansir dari suts resmi UEFA:

Jerman (4-2-3-1): Neuer; Can, Boateng, Hummels, Hector; Schweinsteiger, Kroos; Muller, Ozil, Bellarabi (Gundogan); Gotze (Podolski).

Polandia (4-4-2): Fabianski; Piszczek (Olkowski), Glik, Szukala, Rybus; Maczynski (Blaszczykowski), Jodlowiec, Krychowiak, Grosicki (Peszko); Lewandowski, Milik.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015