Padang (ANTARA News) - Peserta balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2015 akan menempuh jarak sejauh 1.343,1 Kilometer dan akan melalui 18 kabupaten/kota di Sumatera Barat.

"Jarak tempuh tersebut akan dibagi dalam sembilan etape yang akan dimulai pada 3 sampai 11 Oktober," kata Kepala Dinas Periwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Sumbar, Burhasman di Padang, Sabtu.

Ia menjelaskan, dari sembilan etape tersebut, tiga diantaranya merupakan jarak tempuh terpanjang yakni pada etape dua dengan jarak 140,2 kilometer, etape tiga dengan jarak 206,3 kilometer dan etape delapan 138,8 kilometer.

Ia menyebutkan, pada etape dua tersebut, pebalap akan start di Kabupaten Padang Pariaman menuju Kabupaten Solok, di etape tiga yakni menuju Kabupaten Dharmasraya, sementara itu pada etape delapan pebalap akan start di Kabupaten Pasaman Barat menuju Puncak Lawang di Kabupaten Agam.

"Pada etape delapan tersebut, pebalap akan melalui kelok 44, dan itu salah satu tantangan berat bagi pebalap," katanya

Selain itu ia juga mengatakan, pada penyelenggaraan TdS tahun ini, pebalap juga akan merasakan tantangan baru dengan rute-rute yang berbeda dibandingkan TdS sebelumnya.

Menyinggung tentang persiapan akhir yang dilakukan Pemprov Sumbar terkait pelaksanaan tersebut, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan seluruh daerah yang akan menjadi tempat start pebalap serta daerah-daerah yang akan dilalui peserta.

Sementara itu, Kepala Dinas Prasarana Jalan Tata Ruang dan Pemukiman (Disprasjaltarkim) Sumbar Suprapto mengatakan pihaknya terus memacu pengerjaan jalur TdS di 18 kabupaten dan kota di daerah itu.

"Paling lambat perbaikan jalan untuk jalur Tour de Singkarak (TdS) 2015 rampung pada minggu kedua September ini. Pengerjaannya kini telah memasuki tahap akhir," katanya.

Dia mengatakan, beberapa titik yang dalam proses akhir pengerjaan berada di Kabupaten Sijunjung, Kota Sawahlunto dan Kabupaten Solok.

"Di Sijunjung kami melakukan betonisasi di beberapa titik. Pengerjaannya sudah hampir selesai," katanya.

Sedangkan untuk Kota Sawahlunto, fokus perbaikan dilakukan di jalan Adinegoro.

"Ini juga sudah masuk tahap akhir," katanya.

Perbaikan jalan di Air Dingin, Kabupaten Solok, menurut dia, juga sudah selesai dilakukan dalam minggu ini.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015