Surabaya (ANTARA News) - Tim ganda putra dan putri Indonesia mengawinkan gelar "Victor Indonesia International Challenge" (VIIC) 2015 setelah masing-masing menang atas lawan-lawannya dalam babak final di GOR Sudirman, Surabaya, Minggu.

Di nomor ganda putra, pasangan Rian Agung Saputro/Berry Angriawan menang atas Jun Bong Chan/Kim Dae Eun asal Korea pada pertandingan "rubber set" dengan angka 12-21, 21-19 dan 21-15.

"Ini sangat istimewa karena merupakan gelar pertama kami di kejuaraan bergengsi," ujar Berry Angriawan ketika ditemui usai pertandingan.

Sempat terseok di set awal, Rian/Berry nyaris kandas dua set langsung sebelum mengunci skor di angka 19 untuk pasangan lawan.

Pada set penentuan, pasangan unggulan empat pada turnamen tersebut tak ingin kehilangan dan sukses membaca permainan dengan tak memberi kesempatan lawan unggul angka.

Dukungan publik Surabaya yang tak berhenti meneriakkan yel-yel "Indonesia-Indonesia" menambah semangat pebulu tangkis tuan rumah di partai puncak.

Pasangan yang berduet selama 10 bulan tersebut saat ini memasang target kemenangan berikutnya di turnamen "Thailand Open Grand Prix Gold 2015" di Bangkok pada akhir September dan di "Chinese Taipei Grand Prix 2015".

Sedangkan di ganda putri terjadi "all Indonesian final" antara pasangan Gebby Ristiyani Imawan/Tiara Rosalia Nuraidah dan Suci Rizki Andini/Maretha Dea Giovani dalam dua set langsung, 21-17 dan 21-14.

"Kami sering latihan bersama di Cipayung, jadi kami sudah tahu tipe mereka. Begitu juga sebaliknya," ucap Gebby Ristiyani Imawan usai pertandingan.

Sementara itu, sukses ganda tuan rumah juga diraih di sektor campuran setelah pasangan Fran Kurniawan/Komala Dewi mengalahkan pasangan Chung Eui Seok/Hee Yong Kong asal Korea dengan tiga set, masing-masing angkanya 21-12, 16-21 dan 21-13.

"Kami bermain baik di set pertama, tapi tidak di set berikutnya. Syukurlah set terakhir mampu membaca permaiann lawan dan kembali merebutnya," kata Fran usai pertandingan.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015