Jakarta (ANTARA News) - Communication Head, Consumer & YouTube Google Indonesia, Putri Silalahi, mengungkapkan bahwa waktu tonton YouTube di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun.

"Watch time untuk menonton YouTube meningkat 110 persen di Indonesia dari tahun ke tahun," kata dia dalam temu media YouTube FanFest Indonesia, di Jakarta, Senin.

Menurut Putri, hal tersebut dikarenakan konsep YouTube sendiri yang merupakan platform yang menyajikan semua konten yang dapat memenuhi kebutuhan semua orang, sesuai dengan namanya "You".

"Kami ingin menjadi platform di mana semua orang bisa brekreasi dan terhubung satu dengan yang lain dengan cara yang baru," ujar dia.

"Penonton YouTube mewakili semua demografis mulai dari anak kecil hingga orang tua yang ingin mendapatkan informasi atau belajar melalui YouTube maupun mengungkapkan opini," sambung dia.

Selain itu, Putri mengatakan bahwa kebebasan yang diberikan YouTube untuk creator merupakan kekuatan layanan berbasis video tersebut.

"Kekuatan YouTube yang diberikan ke creator adalah kebebasan, tidak ada sutradara, atau pun produser, semua orang bisa menjadi YouTubers dan sukses di YouTube," kata Putri.

Lebih lanjut, Putri mengungkapkan jumlah konten lokal di Indonesia saat ini empat kali lebih tinggi dari tahun lalu.

"Jika mengerti kekuatan YouTube, saya yakin creator Indonesia enggak kalah sama YouTuber luar," tambah dia.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015