Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Willem Rampangilei sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggantikan Samsyul Maarif.

Presiden Jokowi melantik Willem Rampangilei di Istana Negara Jakarta, Senin.

Willem dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 92/P/2015.

Laksamana Muda Willem Rampangilei menggantikan Samsyul Maarif yang dianggap telah lama mengemban tugas tersebut.

Sebelumnya Willem dilantik menjadi Deputi Bidang Koordinasi Lingkungan Hidup dan Kerawanan Sosial Kementerian Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada awal 2015.

Ia juga pernah menjabat sebagai Deputi Menteri untuk Lingkungan Hidup, Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Willem mengaku baru dihubungi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno sehari sebelum pelantikannya sebagai Kepala BNPB.

Pratikno sendiri menegaskan pergantian itu merupakan rotasi yang wajar terlebih karena Syamsul Maarif telah menduduki jabatan tersebut sejak 2008.

Pada kesempatan itu hadir para pejabat negara, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan para menteri Kabinet Kerja di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menko PMK Puan Maharani, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursydan Baldan, serta Menteri Desa PDT dan Transmigrasi Marwan Jafar.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015