New York (ANTARA News) - Unggulan kedua Simona Halep sukses mengatasi cedera dan panas 30 derajat untuk melangkah ke perempatfinal guna bertemu runner up dua kali AS Terbuka Victoria Azarenka.

Halep harus melewati 2 jam 38 menit ditambah 10 menit istirahat karena cuaca terik untuk menundukkan petenis Jerman unggulan 24 Sabine Lisicki 6-7 (6/8), 7-5, 6-2.

Halep (23) adalah petenis Rumania pertama yang maju ke delapan besar AS Terbuka sejak Irina Spirlea menjajal semifinal edisi 1997.

Tapi perjuangan Halep demikian berat sampai membutuhkan rehat medis untuk membalut ketat paha kirinya yang cedera, selain harus melewati 17 service break yang sembilan di antaranya pada set kedua.

Kedua petenis melakukan total 105 unforced error yang 72 di antaranya dilakukan si Jerman.

"Sulit dipercaya bisa mencapai perempatfinal pertama saya pada AS Terbuka. Ini pertandingan seru," kata Halep setelah empat kali menang berturut-turut dari runner-up Wimbledon 2013 itu.

Calon lawan Halep di semifinal, Azarenka, melangkah ke perempatfinal keempatnya di AS Terbuka dalam empat tahun setelah menang 6-3, 6-4 dari petenis Amerika Serikat Varvara Lepchenko.

Azarenka memimpin 2-0 dalam rekor pertemuannya dengan Halep, sedangkan pertemuan terakhir mereka terjadi pada 2012.

"Sejak itu saya menjadi pemain yang berbeda. Saya lebih kuat secara mental. Saya lebih kuat secara fisik. Akan menjadi pertandingan yang lain," kata Halep seperti dikutip AFP.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015