New York (ANTARA News) - Juara Wimbledon dua kali Petra Kvitova mencapai prempatfinal AS Terbuka pertamanya setelah menghempaskan petenis Inggris Johanna Konta 7-5, 6-3.

Kvitova menjadi petenis Ceko pertama yang merapat ke perempatfinal AS Terbuka sejak Daja Bedanova pada 2001.

Sedangkan Konta yang berusia 24 tahun dan kelahiran Australia tadinya bermimpi menjadi petenis putri Inggris pertama yang mencapai babak delapan besar turnamen ini sejak Jo Durie pada 1983 namun dia gagal memanfaatkan lima kali break point.

Pada delapan besar, Kvitova akan menghadapi petenis Italia unggulan 26 Flavia Pennetta yang lolos keenam kalinya ke perempatfinal AS Terbuka dalam kurun tujuh tahun setelah menang 6-4, 6-4 dari petenis Australia Samantha Stosur yang menjadi juara edisi 2011.

Ini adalah kemenangan ketujuh petenis berusia 33 tahun itu dalam tujuh pertemuannya dengan Stosur yang adalah unggulan 22 turnamen ini.

"Ini permainan terbaik saya tahun ini," kata Pennetta setelah Stosur yang adalah petenis terakhir yang mengalahkan Serena Williams di New York melakukan 35 unforced error.

Pennetta sudah enam kali melawan Kvitova dengan tiga pertemuan terakhir menelan kekalahan. Kemenangan terakhirnya dari sang juara Wimbledon dua kali terjadi pada Piala Federasi 2010, demikian AFP.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015