Jakarta (ANTARA News) - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, pengelolaan olahraga yang profesional akan mampu mengangkat harkat dan martabat bangsa dalam percaturan internasional.

"Olahraga dapat menjadi media politik dan diplomasi internasional bahkan bisa menjadi ikon bisnis dan industri yang prospektif serta secara potensial dan aktual dapat menjadi rujukan yang efektif bagi pembentukan watak kepribadian dan karakter masyarakat," kata Panglima TNI pada upacara Pembukaan Pertandingan Olahraga Piala Panglima TNI tahun 2015, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Selasa.

Piala Panglima TNI 2015 mempertandingkan empat cabang olahraga yaitu sepak bola putra, bola voli putra dan putri, tenis lapangan putra, putri dan perwira tinggi serta bulu tangkis putra dan putri.

Pertandingan Olahraga Piala Panglima TNI Tahun 2015 yang berlangsung mulai tanggal 8 hingga 17 September 2015 tersebut mengangkat tema Semangat kompetensi yang dilandasi sportifitas dan soliditas yang tinggi untuk meraih prestasi terbaik dalam rangka mewujudkan profesionalitas atlet prajurit dan PNS TNI guna mendukung tugas pokok TNI, diikuti 736 atlet dari Kemhan (Kementerian Pertahanan), Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

"Kegiatan Piala Panglima TNI Tahun 2015 ini, sangat penting serta strategis dalam konteks pengembangan kualitas SDM yang sehat, mandiri, bertanggung jawab serta memiliki sifat kompetitif yang tinggi, juga penting dalam pengembangan identitas, militansi, jiwa juang, nasionalisme, kemandirian, sportifitas dan prestasi bangsa," kata Gatot Nurmantyo.

Panglima TNI juga menyampaikan bahwa, olahraga merupakan media pendidikan dan pembinaan bahkan bisa menjadi wahana yang sangat ampuh bagi pembangunan karakter dan kepribadian bangsa apabila dikembangkan secara sistematis, karena mengandung dimensi nilai serta perilaku positif yang multidimensional, sekaligus juga mengukur hasil pembinaan yang telah dilaksanakan oleh masing-masing angkatan, Kementerian Pertahanan dan Mabes TNI.

Penggelaran kegiatan pertandingan olahraga Piala Panglima TNI ini merupakan sumbangsih TNI untuk membantu peningkatan prestasi olahraga nasional, dengan membudayakan olahraga sebagai alat pembinaan satuan, sumber rekreasi, dan sumber prestasi, juga untuk memajukan olahraga prestasi TNI dalam Konteks Olahraga Militer Internasional, serta menjadi sumber kontribusi TNI dalam membantu memajukan dan mengembangkan prestasi olahraga nasional.

"Piala Panglima TNI Tahun 2015, dengan segala aspek olahraga dan dimensinya, lebih-lebih yang mengandung unsur pertandingan dan kompetisi, harus disertai dengan keinginan, sikap serta perilaku berdasarkan peningkatan prestasi, kesadaran moral untuk berbuat yang terbaik," kata Gatot.

Ia pun berpesan agar melaksanakan pertandingan dengan sikap sportif, jujur dan penuh semangat kompetitif, guna mencapai tujuan penyelenggaraan kompetisi ini, dengan memperteguh ikatan dan jalinan hubungan harmonis, baik internal angkatan maupun antar angkatan, agar terwujud Kesamaan, Keselarasan dan Kesinambungan dalam pembinaan dengan melakukan pemantauan, pemilihan serta pemanduan bakat terhadap atlet-atlet muda TNI berprestasi dalam rangka penyiapan keikutsertaan TNI pada Single Event dan Multi pertandingan olahraga militer internasional.

"Dari ajang kompetisi ini diharapkan akan memunculkan atlet-atlet handal, terutama untuk cabang olahraga sepak bola dan bola voli yang akan dipersiapkan untuk menghadapi pertandingan Piala Wira Malindo dan Tim Bola Voli untuk menghadapi Liga Nasional," katanya.

Dalam pertandingan Olahraga Piala Panglima TNI Tahun 2015, Juara Umum akan memperoleh Piala Bergilir Panglima TNI dan uang pembinaan, dan untuk Juara I sampai dengan III masing-masing cabang olahraga memperoleh Piala Tetap dan Medali.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015