Saya berharap apa yang sudah dicapai Sulsel dapat diikuti provinsi-provinsi lain di seluruh Indonesia. Jika diikuti kepala daerah lain, Indonesia sebenarnya sudah bisa dan mampu memiliki kemandirian di sektor pangan,"
Pinrang (ANTARA News) - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mendorong agar daerah bisa berkontribusi dalam ketahanan pangan, sehingga Indonesia memiliki ketahanan dan kemandirian sektor pangan nasional.

"Saya berharap apa yang sudah dicapai Sulsel dapat diikuti provinsi-provinsi lain di seluruh Indonesia. Jika diikuti kepala daerah lain, Indonesia sebenarnya sudah bisa dan mampu memiliki kemandirian di sektor pangan," kata Surya di sela-sela acara Panen Raya di Kelurahan Ulu Tedong, Kecamatan Maccorawalie, Kabupaten Pinrang, Sulsel, Rabu.

Pemrov Sulsel sudah menjalankan pemikiran pemerintahan Joko Widodo untuk mendukung kemandirian di sektor pangan, dengan memberikan kontribusi pangan nasional sebanyak 3 juta ton/tahun.

Di tengah musim kemarau berpanjangan, Provinsi Sulsel, sebagai salah satu provinsi penghasil lumbung padi nasional, tetap mampu menghasilkan 6 sampai 7 ton gabah kering/hektare.

Dalam mengelola hasil panen, utamanya komoditi beras, kepala daerah juga harus konsisten menerapkan law inforcement kebijakan alur distribusi penjualan.

"Kadang-kadang ada inkonsistensi dalam menjalankan peraturan perundang-undangan," ujarnya.

Selama ini di Kabupaten Pinrang bukan hanya mampu berdaulat ketahanan pangan bagi kebupatennya sendiri, tetapi juga telah memberikan dukungan ketahanan pangan bagi kabupaten-kabupaten lainnya.

Jika pemerintah dapat membantu pembangunan irigasi persawahan, diyakini akan ada peningkatan menjadi 10 ton perhektare dari sekitar 6-7 ton perhektare sawah.

"Kabupaten Pinrang masih menggunakan infrastruktur irigasi yang lama (sejak tahun 1934). Pakai irigasi lama saja bisa menghasilkan hasil produksi sebanyak ini, bagaimana kalau kembali dibangun (irigasi)," ujar Surya.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, menuturkan di saat banyak daerah mengalami kekeringan, tetap harus ada langkah konkrit yang dilakukan kepala daerah dalam mendorong peningkatan produksi padi.

"Beras kami sudah menembus 21 provinsi. Sudah sampai tiga juta ton. Sulsel memberikan kontribusi ketiga dalam ketahanan pangan nasional," kata Yasin Limpo.

Dalam peningkatan kemandirian sektor pangan, pemerintah daerah juga harus tetap memperhatikan pengaturan irigasi di areal persawahan. Semua sangat membutuhkan terobosan dan pemikiran dari kepala daerahnya.

"Saya percaya negara ini negeri tropis, menjadi kekuatan yang pasti bagi negeri. Buktinya Sulsel setiap tahun banyak menghasilkan pemasukan dari sektor pertanian," ucapnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015