New York  (ANTARA News) - Unggulan kedua dari Rumania Simona Halep maju ke semifinal AS Terbuka pertamanya setelah menyingkirkan juara Australia Terbuka dua kali asal Belarus Victoria Azarenka 6-3, 4-6, 6-4.

"Saya tak tahu dari mana saya mendapatkan kekuatan untuk memenangkan pertandingan ini. Saya sungguh senang karena saya sungguh ingin maju ke semifinal pertama saya di sini," kata Halep seperti dikutip AFP.

Azarenka melakukan 42 unforced error, sebaliknya Halep 19 kali, sedangkan pada pukulan kemenangan Halep unggul dua pukulan dari Azarenka yang melepaskan 38 winner.

Azarenka pernah mengalahkan Halep dua kali pada 2012 pada dua pertemuan terdahulu mereka, namun Halep sudah mengantongi tiga gelar selama tahun ini, sebaliknya Azarenka tanpa gelar karena cedera paha.

Halep, petenis Rumania pertama yang maju ke empat besar AS Terbuka sejak Irina Spirlea pada 1997, bangkit pada set ketiga dengan melepaskan satu ace untuk menyamakan kedudukan 2-2.  Akhirnya, setelah dua jam 40 menit bertanding, Halep menyudahi petualangan Azarenka di turnamen ini.

Halep akan menghadapi petenis Italia peringkat 26 dunia Flavia Pennetta yang pada perempatfinal menumbangkan unggulan kelima dari Ceko Petra Kvitova 4-6, 6-4, 6-2.

Pertandingan semifinal lainnya akan terjadi Kamis waktu setempat nanti antara unggulan utama Serena Williams melawan petenis Italia lainnya Roberta Vinci yang berperingkat 43 dunia dan yang tak sekali pun menang dalam empat pertemuannya dengan Serena.

Serena yang menjadi juara bertahan pada empat turnamen Grand Slam, tinggal dua kemenangan lagi untuk menuntaskan Kalender Grand Slam pertama sejak Steffi Graf melakukannya pada 1988, selain untuk memenangkan gelar juara Grand Slam ke-22 sehingga akan menyamai Graf selama Era Terbuka.

Jika lolos ke final, Serena tetap lebih hebat dibandingkan Pannetta dan Halep.  Terhadap Pannetta dia memiliki catatan menang-kalah 7-0, sedangkan terhadap Halep 6-1, demikian AFP.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015