New York (ANTARA News) - Semifinal tunggal putra AS Terbuka akan diselenggarakan Jumat waktu AS ini dan berikut sepuluh fakta menyangkut semifinal turnamen Grand Slam di New York itu seperti dikutip AFP:

Novak Djokovic (Serbia, ung 1) vs Marin Cilic (Kroasia, ung 9)
  - Djokovic yang berusia 28 tahun tampil pada semifinal kesembilan kali berturut-turut pada AS Terbuka dan punya rekor menang-kalah pada babak ini 5-3.
  - Memiliki rekor menang-kalah 55-9 selama AS Terbuka dan turun gelanggang dengan menyandang predikat unggulan utama untuk keempat kali dalam lima tahun.
  - Pada 2013, mencapai final keempat kali berturut-turut, sedangkan totalnya lima kali.
 - Menjuarai edisi 2011 (setelah mengalahkan Rafael Nadal) dan mencapai final edisi 2013 (kalah dari Nadal empat set), 2012 (kalah dari Andy Murray lima set), 2010 (kalah dari Nadal empat set) dan 2007 (kalah straight set dari Roger Federer)
  - Cilic yang berusia 26 tahun dan juara bertahan. telah memenangi 12 pertandingan terakhirnya di New York dan tampil kedua kalinya dalam semifinal secara berturut-turut.

Roger Federer (Swiss, ung 2) vs Stan Wawrinka (Swiss, ung 5)
  - Federer yang merupakan lima kali juara AS Terbuka tampil pada semifinal untuk kesepuluh kali dalam 12 tahun terakhir (6-3 dalam semifinal).
  - Mencoba mencapai final terakhir sejak 2009 (kalah dari Juan Martin del Potro)
  - Berusaha menjadi orang pertama pada Era Terbuka yang enam kali menjuarai AS Terbuka
  - Wawrinka tampil pada semifinal kedua dalam tiga tahun terakhir.
  - Memenangi dua dari tujuh gelar Grand Slam terakhir. Yakni menjuarai Australia Terbuka 2014 yang pertama kalinya dia menjuarai turnamen Grand Slam dan tahun ini menjuarai Prancis Terbuka.





Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015