Kami kewalahan karena serangan kami terus dikembalikan
Jakarta (ANTARA News) - Pasangan putra unggulan Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan tumbang pada perempat final turnamen Jepang Terbuka 2015, Jumat, setelah strategi permainan mereka untuk menghadapi wakil Tiongkok Fu Haifeng/Zhang Nan tidak berkembang.

"Kami mencoba strategi baru dengan pola permainan baru. Sebelumnya kami selalu kalah dari mereka sehingga mencoba strategi baru. Tapi, strategi itu malah tidak berkembang dan kami tidak berhasil," kata Ahsan selepas pertandingan di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang seperti dilansir Tim Humas dan Media Sosial Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia dalam situs resmi mereka.

Hendra/Ahsan kalah dalam dua game langsung dari Fu/Zhang selama 29 menit pertandingan putaran perempat final dengan skor 9-21, 18-21.

Sejak awal game pertama, Hendra/Ahsan terus ketinggalan dari Fu/Zhang 1-4, 4-8, 6-14, 8-18, hingga 9-21. "Kami bermain pelan pada game pertama dan justru bermain tidak nyaman," kata Hendra.

Pada game kedua, Hendra/Ahsan berkali-kali mencoba mengungguli ganda Tiongkok tersebut 4-2, 8-6, 12-10, 14-12, 18-17. Tapi, ganda putra Indonesia yang menjadi pemain unggulan tiga dalam turnamen super series itu gagal menutup kemenangan dan gama kedua berakhir dengan skor 18-21.

"Pertahanan lawan bagus dan susah dimatikan. Kami kewalahan karena serangan kami terus dikembalikan. Seharusnya pada game pertama kami dapat bermain seperti pada game kedua," kata Ahsan.

Kekalahan dari Fu/Zhang menambah catatan kekalahan Hendra/Ahsan 2-5 dengan kekalahan terakhir pada turnamen Indonesia Terbuka 2015 dan Singapura Terbuka 2015.

Meski ganda putra unggulan Indonesia itu gagal, pasangan putra lain Indonesia Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi mampu menunjukkan keterwakilan Merah-Putih pada putaran semifinal Jepang Terbuka 2015.

Angga/Ricky menang pada pertandingan putaran perempat final atas wakil Malaysia Goh V Shem/Tan Wee Kiong 21-16, 21-13 selama 29 menit.

Pada putaran semifinal, Angga/Ricky akan menghadapi pemenang dari pertandingan antara Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong/ melawan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015