Gorontalo (ANTARA News) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan Festival Duwo akan menjadi agenda tahunan dalam kalender pariwisata.

Festival Duwo merupakan salah satu agenda yang diikuti para duta besar saat diplomatic tour pada Festival Boalemo beberapa waktu lalu.

Duwo adalah nama lokal untuk ikan nike yang merupakan endemik Gorontalo.

"Nike itu ikan yang unik dan hanya ada di Gorontalo. Kami menggunakan potensi ikan ini untuk menggaet wisatawan dengan menggelarnya setahun sekali atau bahkan dua kali," ujarnya di Gorontalo, Minggu.

Menurutnya dari sejumlah hasil penelitian, ikan nike memiliki protein dan lemak yang lebih tinggi sehingga baik untuk kesehatan terutama gizi pada anak.

Ikan nike berukuran hanya sekitar 1 cm dan hanya muncul saat bulan gelap di beberapa titik perairan Teluk Tomini.

Dalam Festival Duwo, pengunjung disuguhkan pemandangan pada malam hari saat para nelayan melakukan penangkapan ikan yang dimulai dengan prosesi khusus hingga ikan tersebut tiba di bibir pantai.

Selanjutnya pengunjung akan dihidangkan sejumlah masakan khas Gorontalo berbahan baku ikan tersebut seperti perkedel nike dan ilepao.

Gubernur mengaku pihaknya akan lebih fokus pada pariwisata bahari, karena tidak membutuhkan modal yang banyak dan cukup memelihara sumber daya yang sudah ada.

"Kami memilih tiga wilayah untuk potensi wisata bahari yakni Bone Bolango dengan Taman Laut Olele, Gorontalo Utara dengan Pulau Saronde dan Boalemo dengan Pulau Cinta," tambahnya.



Pewarta: Debby Hariyanti Mano
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015