San Marino (ANTARA News) - Juara dunia bertahan Marc Marquez asal Spanyol dengan sepeda motor Hondanya memenangi Grand Prix MotoGP San Marino pada Minggu, ketika pebalap Yamaha Valentino Rossi menyia-nyiakan peluangnya untuk menang karena kesalahan-kesalahan taktik dan rekan setimnya Jorge Lorenzo terjatuh dan gagal meneruskan balap.

Keputusan sang pebalap Honda untuk mengganti ban menjadi ban-ban slick pada Sirkuit Misano yang sudah kering, setelah sebelumnya sempat hujan, membuat ia meraih kemenangan keempatnya musim ini di depan dua pebalap Britania Bradley Smith (Yamaha) dan Scott Redding (Honda).

Redding mencatatkan penampilan luar biasa setelah sempat terjatuh namun mampu bangkit untuk finis di posisi ketiga, yang melengkapi untuk pertama kalinya dua pebalap Britania finis di podium sejak 1979.

Pemuncak klasemen pebalap Rossi dan para pendukungnya yang datang untuk menyaksikan juara dunia sembilan kali ini terlihat bingung ketika ia gagal mengganti ban dari ban-ban basah ke ban-ban slick saat balap tinggal menyisakan tujuh putaran, ketika ia sedang memimpin, yang membuat Marquez mengambil alih posisi terdepan.

The Doctor hanya mampu finis di posisi kelima namun ini masih merupakan hari yang sukses ketika jatuhnya Lorenzo membuat Rossi memperpanjang keunggulannya di klasemen menjadi 23 angka atas rekan setimnya di Yamaha itu, sedangkan Marquez kini tertinggal 63 angka dengan lima balap tersisa di musim ini, demikian AFP.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015