Kudus (ANTARA News) - Sebanyak 33 atlet bulu tangkis dari berbagai daerah di Tanah Air yang merupakan peserta audisi umum PB Djarum dinyatakan berhak menerima beasiswa Bakti Olah Raga Djarum Foundation.

"Sebanyak 33 atlet tersebut merupakan hasil seleksi setelah sebelumnya terdapat 43 atlet hasil audisi dinyatakan berhak mengikuti proses karantina," kata Manajer PB Djarum Kudus Fung Permadi di Kudus, Minggu.

Ia mengatakan, banyak faktor yang menjadi pertimbangan untuk menentukan penerimaan atlet muda menjadi atlet PB Djarum.

Kriterianya, kata dia, cukup banyak, mulai dari disiplin, teknik maupun gaya bermain dan masih banyak elemen yang menjadi pertimbangan untuk menentukan mereka berhak atas beasiswa atau tidak.

Menurut dia, konsep Audisi umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis tahun ini akan dipertahankan karena audisi yang digelar di berbagai kota bisa menjangkau lebih banyak peserta di daerah.

Jumlah pendaftar audisi yang digelar di sembilan kota, kata dia, mencapai 3.000-an pelamar yang memperebutkan beasiswa bulu tangkis Bakti Olah Raga Djarum Foundation.

Dari jumlah tersebut, akhirnya terpilih 43 peserta yang dinyatakan lolos karantina, kemudian ditetapkan sebanyak 33 atlet muda usia di bawah 15 tahun dan 13 tahun baik putra maupun putri yang berhak mendapat beasiswa bulu tangkis.

"Mudah-mudahan kami bisa menemukan bakat-bakat bulu tangkis yang bisa menjadi juara," ujarnya.

Fung yang juga ketua pemandu bakat Audisi Umum 2015 mengungkapkan, bahwa kualitas peserta Audisi Umum kali ini lebih merata.

Ia menganggap, hal ini menjadi sinyal bahwa pelatihan bulu tangkis di Indonesia semakin merata.

"Dari sisi kualitas dan kuantitas, tahun ini jauh lebih baik," ujarnya.

Bahkan, lanjut dia, banyak atlet dari berbagai daerah sudah memiliki bekal dan teknik dasar bermain bulu tangkis yang baik.

"Kami pun mencari kriteria pemain dengan permainan yang kami inginkan kedepannya," ujarnya.

Peserta yang lolos dan berhak atas beasiswa bulu tangkis, kata dia, dalam dua pekan mendatang dipersilakan kembali ke rumahnya masing-masing.

"Mereka baru akan masuk asrama PB Djarum mulai tanggal 28 September 2015," ujarnya.

Adapun peserta audisi yang dinyatakan berhak mendapatkan beasiswa bulu tangkis, yakni untuk U-13 putra tercatat ada 15 orang, U-13 putri sebanyak tujuh orang, U-15 sebanyak tujuh orang, dan U-15 putri sebanyak empat orang.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin Lathif
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015