Jakarta (ANTARA News) - Setelah beberapa waktu mengalami kekosongan, jabatan direktur penyidikan KPK akhirnya diisi oleh Kombes Pol Aris Budiman, yang selama ini menjabat Wakil Direktur Tipikor (Wadirripikor) Bareskrim Polri.

"Sudah terpilih yaitu Kombes Pol Aris Budiman," kata pelaksana tugas (Plt) Wakil Ketua KPK Johan Budi di Jakarta, Senin.

Sebelumnya, posisi Dirdik hanya dijabat oleh Plt Dirdik yang juga berasal dari kepolisian yaitu Kombes Pol Endang Tarsa hingga Februari 2015, namun sejak terjadi konflik KPK-Polri maka jabatan itu pun dicopot.

Setelah Endang tidak lagi menjadi Plt Dirdik, posisi Dirdik juga kembali dijabat Plt Dirdik yang berasal dari jaksa.

Menurut Johan, Aris sudah menjalani tes terkait jabatannya tersebut.

"Semua kandidat sudah dites. Sebelumnya ada 4 calon dari kejaksaan dan 4 calon dari kepolisian, lalu dilakukan tes sejak 3 bulan lalu, tapi memang tidak diekspose ke publik. Setelah dites lalu mengerucut menjadi 2 orang nama dan dipilih Kombes Pol Aris," ungkap Johan.

Menurut Johan, Aris juga sudah dilacak harta kekayaannya. "Bukan hanya pejabat yang baru, tapi pegawai KPK lain juga melakukan klarifikasi dan tracking harta kekayaan, akhirnya terpilih yang terbaik dari yang baik," jelas Johan.

Namun Johan belum memastikan kapan pelantikan Aris sebagai Direktur Penyidikan KPK.

KPK saat ini juga sedang mencari orang yang akan menjabat di posisi strategis lain.

"Saat ini juga sedang dilakukan seleksi Deputi Pencegahan setelah posisi itu saya tinggalkan karena ditunjuk sebagai Plt wakil Ketua KPK, lalu sedang dicari juga Deputi Penindakan, Kabiro Umum dan Kabiro Hukum," tambah Johan.

Kabiro Hukum sebelumnya dijabat oleh jaksa Chatarina Girsang yang saat ini menjadi Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Bekasi, Jawa Barat.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015