Kita sudah mengkoordinasikan dengan berbagai unsur terkait, baik tingkat kabupaten, provinsi maupun panitia TdS 2015
Painan, Sumbar (ANTARA News) - Kepolisian Resor Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) akan mengerahkan sekitar 220 personel untuk melakukan pengamanan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) di kabupaten itu pada 3 Oktober 2015.

Kepala Kepolisian Resor Pesisir Selatan Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Deni Yuhasdi di Painan, Selasa, mengatakan pengamanan TdS akan dilakukan di tempat start (Kawasan Objek Wisata Pantai Carocok Painan), persimpangan jalan dan titik-titik rawan lainnya di sepanjang jalur, rute Painan-Padang pada 3 Oktober 2015.

Dalam bertugas di lapangan, personil kepolisian akan dibantu oleh sejumlah personel TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan petugas dinas perhubungan kabupaten setempat.

"Mereka (Polri, TNI, Satpol PP, dan dinas perhubungan) akan bergabung sesuai dengan jadwal yang ditetapkan pada hari pelaksanaan di jalur stage 1 TdS 2015 mulai tempat start di Painan hingga perbatasan Pesisir Selatan-Padang," katanya.

Sedangkan di lokasi tempat start yakni kawasan parkir objek wisata Pantai Carocok Painan, Pesisir Selatan akan dilakukan pengamanan khusus. Sekitar dua per tiga dari jumlah personil yang bertugas pada TdS di kabupaten itu akan dikerahkan di tempat tersebut.

Kepala Seksi Atraksi Wisata Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Ekonomi Kreatif Pesisir Selatan Isfildi mengatakan, sebagai lokasi grand start dan pembukaan TdS 2015 kabupaten itu telah melakukan berbagai persiapan yang akan dibutuhkan, mulai persiapan tempat di lokasi start dan pembukaan, hingga jalur yang akan dilewati para pebalap.

"Kita sudah mengkoordinasikan dengan berbagai unsur terkait, baik tingkat kabupaten, provinsi maupun panitia TdS 2015. Mulai keamanan, lokasi tempat start, begitu juga dengan jalur yang akan dilewati para pebalap, " katanya.

Mengantisipasi dampak buruk jika terjadi kecelakaan bagi para pebalap di rute itu, pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat berupaya melakukan perbaikan ruas jalan yang berlubang dan pemasangan rambu-rambu di titik-titik rawan sepanjang jalur yang akan dilewati.

Ia berharap dipilihnya Pesisir Selatan sebagai tempat pembukaan dan grand start TdS 2015 dapat menjadi ajang promosi bagi daerah ini untuk lebih memperkenalkan keindahan objek wisata yang ada di kabupaten ini ke tingkat internasional.

Pewarta: Junisman
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015