Medan (ANTARA News) - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meletus dengan kolom abu erupsi setinggi tiga kilometer pada Selasa.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho lewat layanan pesan singkat mengatakan bahwa Gunung Sinabung tiga kali meletus sejak Selasa pagi.

Erupsi pertama terjadi pukul 05.25 WIB dengan tinggi kolom erupsi 2.500 meter dan memunculkan awan panas dengan guguran sejauh 3.000 meter ke arah timur dan tenggara.

Letusan terjadi lagi pukul 05:36 WIB dengan tinggi kolom 2.000 meter dan awan panas sejauh 3.000 meter ke arah arah timur dan tenggara.

Pukul 08.20 WIB erupsi ketiga terjadi dengan tinggi kolom 3.000 meter dan awan panas sejauh 4.000 meter ke arah timur dan tenggara.

Banyaknya abu vulkanik yang keluar dari erupsi Gunung Sinabung menyebabkan Kabanjahe dan Berastagi terguyur hujan abu.

"Letusan ini adalah yang terbesar dalam seminggu terakhir," katanya.

Sekarang Gunung Sinabung berstatus Awas (level IV) karena mengalami tremor terus menerus terjadi, dan berpotensi menimbulkan erupsi susulan.

Namun BNPB mencatat bahwa tidak ada penambahan pengungsi. Jumlah orang yang mengungsi untuk menghindari dampak letusan gunung berapi itu tercatat 2.572 keluarga atau 9.313 orang.

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015