Jakarta (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menginginkan seluruh situs instansi pemerintah memiliki ciri khas yang sama guna memudahkan masyarakat mengakses informasi.

"Sekarang ini masing-masing website (situs) pemerintah tidak ada ruhnya, karena dibuat masing-masing. Saya minta ada pemersatu, ada ciri yang menandakan ini situs kementerian pemerintah Republik Indonesia," kata Rudiantara dalam seminar Bakohumas bertema Peran Humas Dalam Sinergi Kampanye Revolusi Mental ASN dan Reformasi Birokrasi di kantor Kemenpan-RB, Jakarta, Selasa.

Rudi menekankan dirinya bukan ingin menyeragamkan teknologi di setiap kementerian, namun format senada di setiap situs kementerian akan diperlukan sebagai bentuk kesiapan jika diperlukan kerja sama antarkementerian di masa mendatang.

"Sekarang ini kita tidak tahu formatnya satu sama lain itu kompatibel apa tidak. Kalau formatnya yang satu ke kiri yang lain ke kanan, nanti susah kalau mau kerja sama," terang dia.

Dalam kesempatan itu, Rudiantara juga mengharapkan humas kementerian dan lembaga pemerintah bisa secara optimal bekerja menyosialisasikan kebijakan dan program pemerintah.

Ia berniat merumuskan sebuah narasi tunggal berisi sebuah pesan senada, yang bisa disosialisasikan para humas dari lintas kementerian kepada publik.

Narasi tunggal itu diharapkan dapat menjadi acuan masing-masing humas kementerian dalam menyosialisasikan kebijakan pemerintah.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015