Lubuk Basung (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengimbau warga mengurangi aktivitas di luar rumah karena asap telah membuat udara menjadi sangat tidak sehat menurut Stasiun Pemantauan Atmosfer Global Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika Koto Tabang.

"Agar terhindar dari penyakit infeksi saluran pernafasan atas," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam Yunaidi di Lubuk Basung, Minggu.

Dia juga menyarankan warga mengenakan masker saat berada di luar rumah serta menjaga tubuh tetap sehat dengan banyak minum dan mengonsumsi sayur dan buah.

Pada Sabtu (19/9) BPBD dan Dinas Kesehatan setempat sudah membagikan sekitar 40.000 masker kepada warga di Kecamatan Tanjung Raya.

Pemerintah daerah juga meliburkan siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Tanjung Raya pada Sabtu karena khawatir kabut asap mengganggu kesehatan anak-anak.

Tanjung Raya berselimut asap tebal sejak Sabtu. "Ini disebabkan karena daerah tersebut di kelilingi bukit, sehingga kabut asap tetap berada di daerah itu," kata Yunaidi.

Pewarta: Eko Fajri
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015