Jenewa (ANTARA News) - Qatar akan mendukung rakyat Suriah dalam menghadapi krisis dengan menyediakan semua bantuan kemanusiaan yang diperlukan, kata Perwakilan Tetap negara itu untuk Kantor PBB di Jenewa, Faisal bin Abdullah Al Henzab, Sabtu.

Al Henzab mewakili Qatar dalam pertemuan tingkat tinggi yang diadakan di Jenewa untuk membahas kondisi kemanusiaan di Suriah. Dia menambahkan bahwa pemerintah Qatar, dengan arahan dari Emir Sheikh Tamim Hamad bin Al-Thani, telah berupaya untuk meringankan kondisi kemanusiaan sulit yang yang dihadapi rakyat Suriah.

Dia mencatat bahwa bantuan Qatar untuk rakyat Suriah sejak 2011 telah mencapai sekitar 1,5 miliar dolar. Bantuan tersebut antara lain berupa makanan, pakaian, obat-obatan dan tempat tinggal. Qatar baru-baru ini juga memberikan bantuan kepada pengungsi Suriah yang terdampar di perbatasan Eropa.

Al Henzab mengatakan bahwa rakyat Suriah telah mulai mencari perlindungan di Eropa karena mereka merasa diabaikan oleh masyarakat internasional. Sudah lima tahun sejak krisis terjadi di lokasi itu dan belum ada solusi. Dia mencatat bahwa alasan banyak dari para pengungsi melakukan perjalanan adalah karena mereka menerima bantuan sangat sedikit, dan keinginan untuk memiliki gaya hidup yang berbeda.

Duta besar Qatar itu kemudian menekankan bahwa Dewan Keamanan PBB diperlukan sekarang untuk mengambil tanggung jawab atas kekerasan di Suriah. Demikian laporan OANA.

(UU.G003)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015