Ia telah membuktikan diri sebagai pelatih hebat dengan meraih sejumlah trofi bersama dengan Barcelona... saya sungguh mengagumi dia (Guardiola).
London (ANTARA News) - Alex Ferguson mengutarakan hubungannya dengan Wayne Rooney dalam peluncuran buku baru mantan manajer Manchester United (MU) itu kepada khalayak.

Sir Alex mencatat bahwa ia pernah berniat mendapuk Pep Guardiola menjadi manajer Manchester United. Manajer gaek itu pun meminta kepada mantan manajer Barcelona tersebut merahasiakan informasi mengenai masa depannya.

Hanya saja Guardiola tidak tertarik dengan tawaran melatih skuat Iblis Merah, tetapi kemudian lebih memilih membesut Bayern Muenchen, sebagaimana dikutip dari laman Footballens.com.

"Saya makan malam dengan Pep Guardiola di  New York pada 2012, tetapi saya tak mampu membuat dia setuju dengan proposal yang saya tawarkan kepada dia," kata Ferguson.

"Ia telah membuktikan diri sebagai pelatih hebat dengan meraih sejumlah trofi bersama dengan Barcelona... saya sungguh mengagumi dia (Guardiola). Saya menelpon Pep sebelum ia menerima tawaran dari klub lain, tetapi ia tidak tertarik kemudian ia memutuskan bergabung bersama Bayern Muenchen pada Juli 2013."

Ferguson juga mengungkapkan perselisihannya dengan Wayne Rooney. "Saya berkata kepada mereka bahwa saya tidak menganggap bahwa Rooney melakukan kekeliruan."

"Soal itu sederhana saja. Kami sepakat bahwa tidak membayar pemain dengan jumlah dana berlebihan," katanya.

Ferguson yang akrab dipanggil Fergie juga mengklaim punya empat pemain kelas dunia selama menangani Manchester United, yakni  Paul Scholes, Cristiano Ronaldo, Eric Cantona dan Ryan Giggs.

Fans MU sempat dikejutkan dengan keputusan Ferguson mengabaikan Wayne Rooney, David Beckham, Ferdinand, Vidic dan Roy Keane.

"Pada 2010, saya sempat tertarik dengan gagasan untuk mendatangkan Mario Balotelli, striker berbakat asal Italia yang menuai banyak kontroversi," tulis Ferguson dalam buku barunya berjudul "Leading".

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015