Sydney (ANTARA News) - Perdana Menteri baru Australia Malcolm Turnbull diterima oleh sebagian besar pemilih Australia yang tercermin dari hasil jajak pendapat yang menunjukkan dia menjadi pemimpin paling populer dalam kurun lima tahun.

Seminggu setelah multimilyarder berusia 60 tahun itu mengkudeta Tony Abbott sebagai pemimpin Partai Liberal, sebuah jajak pendapat Newspoll terhadap 1.645 pemilih menunjukkan 55 persrn menempatkan Turnbull sebagai perdana menteri pilihan mereka.

Angka itu adalah yang tertinggi untuk seorang perdana menteri sejak Juli 2010 ketika mantan pemimpin Liberal Julia Gillard naik berkuasa.

Menteri Perdagangan Andrew Robb menyebut hasil jajak pendapat Newspoll sebagai bukti pemilih mendukung pergantian kepemimpinan.

"Itu jelas memastikan bahwa mayoritas besar masyarakat mendukung pergantian. Saya kira itu adalah pesan besar dari jajak pendapat hari ini," kata Robb kepada Australian Broadcasting Corporation.

Popularitas Turnbull 18 poin di atas angka Abbott, sedangkan dukungan terhadap pemimpin Partai Buruh yang beroposisi Bill Shorten hanya mencapai 21 persen, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015