Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengatakan Hari Raya Idul Adha menjadi momentum untuk mengajarkan umat Islam agar tidak berpikir egoistis.

"Kita diperintahkan untuk menyembelih hewan kurban yang dagingnya tidak hanya untuk yang berkurban tetapi juga dinikmati banyak orang," katanya usai menjadi khatib dan imam shalat Idul Adha di Lapangan Yonzikon 14/SWC, Jakarta, Kamis.

Hidayat mengatakan, Hari Raya Kurban menjadi sebuah momentum dan intervensi agama yang baik untuk menyegarkan kembali semangat pengorbanan.

"Idul Adha mengajarkan kepada kita agar mempunyai pola pikir untuk menghadirkan dimensi maslahat yang lebih luas dan memikirkan kepentingan umum," katanya.

Hal ini menurut dia juga dapat mengingatkan umat Islam bahwa agama tidak hanya tentang hubungan antara manusia dan Tuhan, tetapi juga menguatkan hubungan sosial sesama umat.

"Idul Adha dapat menjadi jembatan untuk bersilaturahmi dengan seluruh warga dari semua kalangan. Agama mampu menyatukan bangsa Indonesia," ucap Hidayat.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015