Padang (ANTARA News) - Masyarakat Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), dilarang mengadakan pesta dan mendirikan tenda di jalan selama kegiatan balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) saat melewati rute kota tersebut pada 3, 4 dan 11 Oktober 2015.

"Kami tidak ingin event internasional ini terganggu karena kebiasaan masyarakat yang mendirikan tenda di badan jalan saat pesta," kata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Dian Fakhri di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan, demi kelancaran TdS di Padang pihaknya sudah meminta camat dan Polsek di kota itu untuk tidak memberikan izin pesta kepada masyarakat saat pembalap melewati daerah tersebut.

"Masyarakat akan dilarang mengadakan pesta pada saat TdS terutama pada 3, 4 dan 11 Oktober saat pembalap melewati Kota Padang," kata dia.

Selain itu, pesta juga tidak boleh diadakan di sekitar rute TdS sehari sebelum dan sesudah event.

"Kami meminta pengertian masyarakat untuk tidak mengadakan pesta selama kegiatan tersebut demi kelancaran kegiatan TdS," kata dia.

Hal ini dilakukan untuk menjaga nama baik Kota Padang di mata nasional.

Sementara Sekretaris Daerah Kota Padang Nasir Ahmad mengatakan daerah itu siap menjadi tuan rumah dalam kegiatan TdS.

"Kesiapan Kota Padang tidak terlepas dari kesiapan masyarakat dalam mendukung kegiatan ini," kata dia.

Ia mengatakan masyarakat harus mau diajak bekerjasama agar tidak ada halangan selama TdS berlangsung.

"Jalan-jalan yang akan dilewati sebagai rute TdS sejauh ini sudah kami siapkan dan akan dipantau terus karena masih dilalui tiap hari," ujar dia.

Rute yang akan dilewati oleh TdS di Kota Padang etape I pada Sabtu (3/10) dimulai di Painan, Pesisir Selatan.

Jalan yang dilewati ialah batas Kota Painan-Teluk Bayur Padang-Jalan Thamrin-Jalan Sudirman-Rasuna Said-Simpang Jam Ria-Sulaiman-Hamka-Adinegoro-batas kota.

Lalu etape II pada Minggu (4/10) dimulai di Padang Pariaman-Batas Kota Padang-Adinegoro-Jalan Hamka-Khatib Sulaiman-Rasuna Said-Jalan Sudirman- Proklamasi-Simpang Haru-Tugu Api- Sutomo-Marapalam-Pasar Banda Buat- Gadut-Jalan Raya Padang Indarung- Sitinjau Laut-Finis Kota Solok.

Selanjutnya etape IX pada Minggu (11/10) dimulai dari Tanah Datar-Batas Kota Padang-Jalan Adinegoro-Jalan Hamka-Jalan Khatib Sulaiman-Masjid Raya-Jalan Ahmad Dahlan-Alai Timur- Kampung Kalawi-By Pass-Jalan Moh Hatta-Kampus Unand-Moh Hatta- Andalas-Simpang Haru-Sawahan-Agus Salim-Bagindo Azis Chan-Belakang Pondok-Sei Bong-Jalan Niaga-Kampung Nias-Kelenteng-Batang Harau-Jalan Muara.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015