Suzuka (ANTARA News) - Lewis Hamilton menjuarai Grand Prix Jepang di Suzuka pada Minggu, dan menyamai perolehan 41 kemenangan Formula Satu mendiang Ayrton Senna.

Kemenangan tersebut membuat Hamilton unggul 48 poin dari rekan satu timnya di Mercedes, Nico Rosberg, dengan lima balapan tersisa di musim ini.

Pada sore hari yang cerah di Suzuka, kontras dengan cuaca gelap dan tragis pada balapan tahun 2014 yang juga dia menangi, juara dunia dua kali Hamilton merebut keunggulan di depan dari pebalap yang start terdepan Rosberg pada awal balapan dan terus melaju sampai balapan berakhir.

Kemenangan pebalap Britania Raya itu merupakan yang kedelapan musim ini, dengan Rosberg mendampingi finis satu-dua kedelapan bagi Mercedes yang dominan saat sang juara kembali ke penampilan terbaiknya setelah menurun secara misterius di Singapura akhir pekan lalu.

Seperti dilansir kantor berita Reuters, Rosberg mencapai finis terpaut 18,9 detik di belakang Hamilton, dengan pebalap Ferrari Sebastian Vettel, yang juara di Singapura, mencapai finis di posisi ketiga.

Hamilton kini mengantongi 277 poin, mengungguli Rosberg yang memiliki 229 poin, dengan Vettel mengumpulkan 218 tapi tidak putus harapan untuk meraih gelar sampai secara matematis dinyatakan tersisih dari persaingan.

Mercedes, yang kini sudah memenangi 11 dari 14 balapan, melangkah lebih dekat untuk mempertahankan gelar kontruktor mereka dengan 506 poin, mengungguli 337 poin Ferrari. (Uu.I015)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015