Beijing (ANTARA News) - Pusat Meteorologi Nasional (NMC) pada Ahad (27/9) mengeluarkan peringatan siaga oranye menghadapi topan super Dujuan, yang mendekat dan diperkirakan menerjang beberapa wilayah di Tiongkok Tenggara.

Menurut Xinhua, topan Dujuan diperkirakan memasuki daratan Provinsi Fujian pada Selasa pagi, setelah melanda Taiwan, dan membawa angin puting beliung, hujan lebat serta gelombag tinggi ke wilayah itu, demikian ramalan NMC.

China Southern, perusahaan penerbangan terbesar di negeri tersebut, telah berencana membatalkan 18 penerbangan ke atau dari Kota Taipei pada Senin.

NMC menyarankan semua kapal agar kembali ke pelabuhan dan pemerintah lokal mempersiapkan diri untuk menghadapi banjir dan bencana ekologi. Warga diminta tetap berada di dalam rumah, sementara topan super itu diperkirakan juga mengganggu bangunan.

Tiongkok memiliki sistem peringatan cuaca empat-tingkat dengan kode warna; merah merupakan peringatan cuaca paling berbahaya, lalu diikuti oleh oranye, kuning dan biru.


Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015