Palembang (ANTARA News) - Penerbangan Air Asia rute Palembang-Kuala Lumpur, Senin, dibatalkan akibat kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sejumlah daerah di Sumatera Selatan.

Sejumlah pengguna jasa angkutan udara tersebut mengeluhkan kabut asap yang kembali mengganggu jadwal penerbangan di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II.

Menurut Fahmi, seorang calon penumpang Air Asia, perjalanannya ke negara tetangga itu untuk kepentingan bisnis harus dibatalkan karena kabut asap.

Sebelumnya, Koordinator Pengamanan Harian Bandar Udara Internasional SMB II Palembang Gunawan menjelaskan bahwa kabut asap akhir-akhir ini mulai mengganggu aktivitas penerbangan,.

Kabut asap yang menghalangi jarak pandang pilot mengakibatkan sejumlah pesawat terutama pada pagi dan sore hari hari mengalami penundaan penerbangan dan pendaratan dari jadwal yang ditetapkan.

Bahkan dalam beberapa hari terakhir ada berapa pesawat dari Jakarta tidak bisa mendarat harus kembali ke bandara semula karena kabut asap.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015