Markas PBB (ANTARA News) - Presiden Nigeria Muhammadu Buhari berjanji menyelamatkan siswi-siswi sekolah yang diculik Boko Haram pada 2014 dan mengalahkan kelompok bersenjata itu saat berpidato di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, Senin (28/9).

"Salah satu tujuan utama kami adalah menyelamatkan gadis-gadis Chibok hidup-hidup dan tanpa luka," kata Buhari dalam pidato pertamanya di Majelis Umum sejak menjabat awal tahun ini.

Para petempur Boko Haram menyerbu satu sekolah di kota terpencil Chibok, Nigeria Timur Laut, pada 14 April 2014 serta menyandera 276 gadis yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir dalam penculikan yang mengejutkan dunia.

Lima puluh tujuh siswi telah melarikan diri, namun tidak ada kabar yang terdengar tentang 219 orang lainnya sejak Mei tahun lalu, ketika sekitar 100 dari mereka muncul dalam sebuah video Boko Haram dengan mengenakan pakaian Muslim dan membaca Al Quran.

Pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau sejak saat itu telah mengatakan mereka semua masuk Islam dan telah "dinikahkan".

Buhari, yang berjanji membasmi kelompok yang telah melakukan pemberontakan berdarah selama enam tahun, mengatakan kepada Majelis Umum bahwa pemerintahnya telah menerapkan "strategi yang berani dan kuat untuk mengalahkan Boko Haram".

Nigeria, Kamerun, Chad, Niger, dan Benin telah membentuk "satuan tugas gabungan untuk melawan, menurunkan, dan mengalahkan" kelompok tersebut, kata Buhari.

"Kami telah mengusir mereka dari banyak benteng-benteng mereka, membunuh atau menangkap banyak komandan mereka dan membebaskan beberapa ratus sandera," katanya seperti dilansir kantor berita AFP.
(Uu.B020)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015