Untuk sekarang kami telah membentuk tim dokter khusus untuk menangani pasien tuan `D` ini
Bandung (ANTARA News) - Dede Koswara atau Dede si "Manusia Akar" kembali dirawat di Rumah Sakit Umum Pemerintah Hasan Sadikin Bandung sejak Sabtu (26/9).

"Pada saat ini kami sedang merawat pasien istimewa tuan D, yang dijuluki "Manusia Akar" sudah berkali-kali dirawat dan tanggal 26 Oktober 2015 kemarin masuk lagi ke sini dengan keluhan yang sama seperti sebelumnya," kata Direktur Utama RS Umum Pemerintah Hasan Sadikin Bandung Ayi Djembarsari, MARS, di Bandung, Selasa.

Saat ini, Dede si "Manusia Akar" dirawat di Gedung Kemuning Lantai 5 RS Hasan Sadikin Bandung dan saat tiba di rumah sakit tersebut kutil yang ada di kedua tangan dan kakinya kembali tumbuh dan menebal.

"Untuk sekarang kami telah membentuk tim dokter khusus untuk menangani pasien tuan D ini," kata Ayi.

Menurut dia, usai menjalani operasi pengangkatan kutil yang terakhir kali, pihaknya melakukan pemantauan terhadap Dede.

"Malah kami yang melakukan home visit ke pasien tuan D ini terakhir kali dokter Rahmat melakukan home visit ke sana," kata dia.

Sementara itu, Ketua Tim Dokter Penanganan Manusia Akar, dr. Oki Suarsa menambahkan saat ini Dede si "Manusia Akar" sedang dalam tahap observasi.

Ia mengatakan tim dokter juga telah melakukan sejumlah tindakan medis seperti pemeriksaan darah, rontgen, USG dan lain-lain kepada Dede untuk melihat kondisinya.

"Kalau ditanyakan berapa lama kami akan melakukan observasi kami belum bisa memastikan waktunya berapa lama karena penanganan terhadap pasien ini juga baru beberapa hari," kata dia.

Ketika ditanyakan apa yang menyebabkan kutil di bagian tangan dan kaki Dede kembali tumbuh dan menebal, Oki menyatakan belum mengetahui pasti apa penyebabnya.

"Kita belum tahu kenapa (menembal dan tumbuh lagi), karena masih diobservasi," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015