Keputusan ini sudah sesuai dengan hukum internasional, mentalitas rakyat kita dan peran khusus negara kita yang selalu berperan di Timur Tengah
Moskow (ANTARA News) - Gereja Ortodoks Rusia menyuarakan dukungan pada keputusan Moskow melancarkan serangan udara di Suriah untuk melawan ISIS dengan menyerunya sebagai "perang suci".

"Perang melawan terorisme adalah perang suci dan hari ini negara kita adalah mungkin kekuatan paling aktif dalam memerangi terorisme," kata Kepala Humas Gereja Ortodoks Vsevolod Chaplin seperti dikutip AFP.

Chaplin menyatakan Gereja Ortodoks mendukung keputusan Rusia menggelarkan angkatan udaranya di Suriah untuk memerangi ISIS.

"Keputusan ini sudah sesuai dengan hukum internasional, mentalitas rakyat kita dan peran khusus negara kita yang selalu berperan di Timur Tengah," kata Chaplin.

Chaplin mengatakan sebuah dewan beranggotakan para tokoh lintas agama utama Rusia --Gereja Ortodoks, Kristen, Islam, Yahudi dan Budha-- akan merilis pernyataan bersama mengenai peran Rusia di Suriah.

"Dalam pernyataan bersama ini, kami akan mendukung keputusan yang telah diambil pemerintah kita," kata Chaplin.

Gereja Ortodoks Rusia yang bertahun-tahun lalu ditindas di zaman Soviet mendapatkan kembali pengaruh kuatnya dan telah membangun hubungan yang erat dengan pemerintah meskipun Rusia memisahkan Gereja dari negara.

Presiden Vladimir Putin sendiri adalah pemeluknya yang taat, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015