Proses sertifikasi ini tidak hanya untuk meningkatkan kompetensi, tetapi juga mensertifikasi profesionalisme dari para praktisi kehumasan ini,"
Surabaya (ANTARA News) - Forum Humas (FH) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggagas sertifikasi praktisi kehumasan di Indonesia yang melibatkan lembaga independen di bidang ilmu kehumasan.

"Proses sertifikasi ini tidak hanya untuk meningkatkan kompetensi, tetapi juga mensertifikasi profesionalisme dari para praktisi kehumasan ini," kata Presidium Forum Humas BUMN Indonesia, Susi Susetyaningsih pada pertemuan di Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kamis.

Ia mengatakan, sertifikasi kompetensi profesi seperti yang dilakukan FH BUMN tersebut sangat penting guna menyambut pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada penghujung tahun ini.

"Kegiatan FH BUMN pertama kali diselenggarakan di Surabaya ini juga menjadi ajang silaturahmi antara FH BUMN pusat dengan para humas dari FH BUMN dan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) Provinsi Jawa Timur," tuturnya.

Di sisi lain, Ketua FH BUMN dan BUMD Jatim, Ivone Andayani mengatakan hadirnya para humas yang mayoritas dari Jakarta ini menjadi kesempatan para humas membuka jaringan.

"Inilah momen untuk para humas memperluas jaringan, sehingga dapat membuka kesempatan kerja sama maupun menyelaraskan kinerja praktisi humas pusat dan daerah dalam mendukung kinerja pemerintah," ujarnya.

Menurut dia, angka pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Timur yang di atas rata-rata nasional menjadi tantangan bagi praktisi kehumasan di Jatim untuk bekerja dengan paradigma nasional, bahkan global.

Dalam kesempatan tersebut ada sekitar 85 perwakilan humas dari 141 perusahaan BUMN se-Indonesia untuk mengikuti seri seminar rutin FH BUMN yang bertajuk PR Tanpa Batas: Trilogi Pakar Komunikasi.

Pewarta: Oleh Indra Setiawan/Laily Widya Ari Shandi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015