Jakarta (ANTARA News) - Puncak IDByte 2015 yang telah berlangsung mulai Kamis (30/9) ditandai dengan diadakannya IDByte Conference dengan tema Connected e-Conomy. 

"Indonesia memiliki potensi di sektor industri ekonomi digital dan internet yang membantu Kemenkominfo dalam mempromosikan berbagai aplikasi untuk mendorong pita lebar di Indonesia," kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, saat membuka konferensi, di Jakarta, Jumat.

IDByte Conference menghadirkan pembicara dari pelaku industri digital terkemuka seperti Facebook, Disney, Go-Jek, maupun tokoh pemerintahan seperti Menteri Pendidikan dan Kebudayan Indonesia, Anies Baswedan dan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

Dalam sesi Connected eConomy, Board of Advisor, Asosiasi Pedangang Pasar Seluruh Indonesia, Sandiaga Uno, menjelaskan transformasi ekonomi di Indonesia, mulai dari awalnya berdagang hingga maraknya e-commerce saat ini.

"Smartphone menjadi lebih terjangkau, penetrasi internet meningkat, ini yang mempengaruhi wujud pasar saat ini," kata dia.

Selain itu, menurut dia, demografi Indonesia yang 50 persennya berusia di bawah 30 tahun juga mendorong timbulnya gaya hidup baru yang serba digital.

IDByte 2015 akan ditutup dengan Malam Penghargaan Bubu Awards v.09. Bubu Awards merupakan ajang penghargaan digital untuk para pelaku industri teknologi dan digital Indonesia.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi yang diharapkan dapat memacu para pelaku industri teknologi untuk bisa menghasilkan karya dengan standar terbaik yang dapat berkompetisi di tingkat internasional.

Penilaian Bubu Awards v.09 melibatkan tokoh-tokoh terkemuka dari industri digital dan teknologi diantaranya Handry Satriago (CEO General Electric Indonesia), Rinaldi Firmansyah (Independent Komisaris Telkom) dan Javier Olivan (VP Growth and Analytics Facebook).

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015