Kami akan terus berupaya untuk mempertahankannya.."
Bandung (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian kembali meraih penghargaan dari Pemerintah atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2014 dengan Capaian Standar Tertinggi dalam Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution kepada Sekjen Kemenperin Syarif Hidayat dengan disaksikan Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro dalam rangkaian acara Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2015 di Jakarta, Jumat (2/10).

"Kami akan terus berupaya untuk mempertahankannya, karena penghargaan ini dapat memotivasi jajaran Kemenperin dalam menyusun laporan keuangan sesuai kaidah-kaidah akuntansi yang dipersyaratkan," kata Syarif Hidayat melalui siaran pers yang diterima di Bandung, Jumat.

Di samping itu, lanjutnya, penghargaan ini juga menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan tata kelola anggaran, Kemenperin telah mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Syarif mengatakan, penghargaan ini telah tujuh kali diterima Kementerian Perindustrian sejak tahun 2008.

Keberhasilan tersebut sebagai wujud komitmen yang kuat dari jajaran pimpinan, didukung SDM berkualitas dan sistem manajemen keuangan yang semakin baik serta penjaminan mutu (quality assurance) yang dilakukan pengawas internal.

Menurut dia, selain meningkatkan kualitas laporan keuangan, yang juga penting dilakukan adalah meningkatkan kualitas sistem pengendalian intern.

“Upaya harus terus dilakukan, selain upaya peningkatan kualitas laporan keuangan, juga upaya peningkatan kualitas sistem pengendalian intern, sebagai salah satu alat pendeteksi dini untuk menghindaripenyimpangan dalam pengelolaan anggaran," kata Syarif.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015