Manado (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian mengembangkan industri kecil menengah berbasis telematika di Provinsi Sulawesi Utara.

"Pengembangan IKM berbasis telematika merupakan yang pertama di Sulut, sehingga disambut baik oleh pemerintah daerah," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Jenny Karouw di Manado, Jumat.

Jenny mengatakan sosialisasi ini dilakukan kepada para mahasiswa dan anak muda yang dinilai senang dengan dunia telematika.

"Dari 20-an peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut diharapkan dapat menciptakan produk berbasis android yang sangat dibutuhkan oleh dunia," jelasnya.

Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan IKM Disperindag Sulut Alwy Pontoh mengatakan pihaknya mengharapkan akan muncul IKM-IKM berbasis telematika di Kota Manado.

"Kali ini kami hanya memilih di Kota Manado karena potensi di kota tersebut cukup besar," jelasnya.

Potensi dan peluang ini, katanya, harus kita ambil karena mampu meningkatkan taraf hidup IKM tersebut dan otomatis meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Kami menargetkan sekitar 30 persen dari peserta yang ikut mampu mengembangkan produk berbasis telematika maka hal itu sudah sangat baik," jelasnya.

Jika IKM berbasis telematika tersebut sudah jadi, katanya, maka pemerintah siap memfasilitasi peralatan yang dibutuhkan nanti.

Ke depan, katanya, selain di Kota Manado akan melatih di 15 kabupaten dan kota sehingga semakin banyak IKM berbasis telematika yang siap bersaing saat masyarakat ekonomi ASEAN diberlakukan.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015