Jakarta (ANTARA News) - Festival Kuliner Jadoel yang digelar di Museum Fatahillah kawasan Kota Tua Jakarta, Sabtu, menghadirkan kuliner nusantara terutama makanan khas Betawi yang sudah sulit ditemukan saat ini.

Sekitar 200 masyarakat memadati area di dalam kawasan museum untuk menikmati beragam aneka makanan lawas.

"Antusiasme masyarakat sangat bagus, mungkin karena makanan jadul sudah susah dicari. Banyak yang kangen atau bahkan ada yang baru tahu," kata Kepala UPK Kota M. Kadir Sasmita sebagai penyelenggara acara, di Jakarta, Sabtu.

Sebanyak 30 peserta dari berbagai komunitas masyarakat, jelas Kadir, menghadirkan berbagai macam kuliner terutama kuliner khas Betawi.

"Makanannya nusantara yang sudah jadul terutama banyak kuliner Betawi. Karena dalam rangka untuk melestarikan budaya Betawi," ujar Kadir.

Makanan yang bisa ditemukan pada festival yang telah digelar di tahun ketiga itu seperti es selendang mayang, bir pletok, lopis, buah kecapi, buah jamblang, singklung dan masih banyak lagi.

"Misal singklung, makanan Betawi yang banyak orang tidak tahu. Begitu juga buah jamblang yang sudah jarang ditemukan. Ini kami ingatkan mereka kembali," tutur Kadir.

Selagi menikmati kuliner, masyarakat pun disuguhi hiburan berupa penampilan band, tari lenggang Betawi, dan marawis.

Pewarta: Monalisa
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015