Jakarta (ANTARA News) - Bermain di kandang, Manchester City boleh membanggakan diri setelah berpesta memasukkan enam gol ke gawang tamunya, Newcastle United, yang sekaligus mengangkat klub asuhan Manuel Pellegrini itu ke puncak klasemen.

Manchester City menang 6-1 atas Newcastle dalam pertandingan Liga Utama Inggris di Stadion Etihad, Sabtu.

Sejak awal pertandingan, City mendominasi permainan, bahkan pada menit 11, Sergio Aguero sudah membuat pendukung Newcastle khawatir karena sundulan sudah membahayakan gawang Newcastle.

Masih beruntung bagi Newcastle, bola sundulan Aguero memanfaatkan umpan silang Aleksandar Kolarov itu masih melenceng ke sebelah kanan gawang.

Akan tetapi, berselang sekitar lebih enam menit kemudian, justru Newcastle membalasnya. Bukan sekedar ancaman, Aleksandar Mitrovic membuat Newcastle lebih dulu unggul lewat golnya menit 18. Assist dari Geroginio Wijnaldum diselesaikan dengan sundulan jitu dan bola bersarang di pojok kiri bawah gawang City.

Satu gol dari Mitrovic membuat permainan kedua tim sedikit keras, satu kartu kuning pun dihadiahkan wasit kepada masing-masing kubu, sebelum akhirnya City membalas gol menit 42 melalui Aguero yang meneruskan bola dari assist Fernandinho.

Memasuki babak kedua, City bermain lebih taktis hingga tercetak tiga gol lagi hanya dalam waktu kurang dari 10 menit.

Tiga gol yang membuat City berbalik unggul 4-1 itu dua di antaranya dicetak oleh Aguero (49',50') dan satu dari Kevin De Bruyne menit 53.

Bukan sampai di situ saja, Aguero hari ini tampil cemerlang, ia pun mencetak gol keempatnya dalam laga ini pada menit 60, menyambung umpan David Silva.

Melengkapi kemenangan City, Aguero menambah satu gol lagi pada menit 62 untuk menghantar tuan rumah menang besar 6-1 atas Newcastle, dimana lima gol di antaranya dicetak oleh bintang Argentina itu.

Dengan hasil 6-1, City sekarang memimpin klasemen Liga Inggris dengan nilai 18, menyalip saingan bebuyutannya Manchester United yang turun ke posisi kedua dengan nilai 16, demikian mengutip data laman Premiere League.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015