Zurich (ANTARA News) - Bintang laga Arnold Schwarzenegger dianugerahi penghargaan tertinggi "Golden Icon" oleh Festival Film Zurich atas kontribusinya selama empat dekade baik dalam film maupun politik.

Penghargaan itu merayakan pencapaian seumur hidup aktor atau aktris. Para penerima sebelumnya meliputi Diane Keaton dan Morgan Freeman.

Schwarzenegger yang pertama kali muncul sebagai binaragawan yang memenangi gelar Mr Universe pada usia 20 kembali lagi membuat film setelah menjalani dua periode sebagai Gubernur California pada 2003 hingga 2011.

"Saya senang bisa kembali berakting dan juga bahagia telah melayani masyarakat... jadi saya akan kembali membuat lebih banyak film," kata dia dalam festival yang berlangsung 24 September - 4 Oktober 2015 itu..

Pria Austria-Amerika berusia 68 tahun itu juga memperkenalkan film barunya "Maggie" di festival di mana dia berperan sebagai petani yang berusaha merawat putrinya yang sekarat.

Pekan lalu, saluran televisi NBC mengatakan Schwarzenegger akan menggantikan kandidat presiden AS dari Republik Donald Trump sebagai pembawa acara reality show "The Celebrity Apprentice", demikian Reuters.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015