PBB, New York (ANTARA News) - Semua pihak dalam konflik di Suriah dan Yaman mesti mendukung utusan khusus PBB dalam upaya mereka untuk mencapai penyelesaian damai, kata Oman di Markas Besar PBB, New York, Sabtu (3/10).

"Kami menyeru semua kekuatan politik di Yaman agar mendukung upaya utusan khusus sekretaris jenderal PBB Ismail Ould Cheikh Ahmed untuk memberi sumbangan bagi pemulihan perdamaian dan kestabilan," kata Menteri Luar Negeri Oman Yousef Bin Alawi Bin Abdullah, dalam debat tingkat-tinggi tahunan Sidang Majelis Umum PBB --yang dimulai di Markas Besar PBB pada Senin (28/9).

Yousef mengatakan Oman mengikuti dengan keprihatinan besar perkembangan krisis kemanusiaan di negara tetangganya, Yaman, demikian laporan Xinhua.

Sementara itu, Yousef menyerukan dukungan bagi utusan khusus sekretaris jenderal PBB di Suriah.

"Kami menyeru semua pihak di Suriah dan negara tetangganya agar mendukung tugas utusan khusus sekretaris jenderal PBB Staffan de Mistura untuk memulihkan keamanan dan kestabilan di negara bersaudara ini, dan memberi sumbangan untuk menghapuskan aksi teror."

Ia menyatakan konflik di Suriah dan Yaman telah memungkinkan terorisme memperoleh pihakan di dalam wilayah itu, dan mengatakan pelaku teror "bisa menemukan tempat berpijak di Suriah dan saat ini menimbulkan ancaman bagi keamanan regional dan internasional".

"Negara saya kembali menyampaikan pendiriannya, yang tak kenal kompromi, dalam mengutuk semua bentuk terorisme, tak pedua apa pun alasan dan penyebabnya," ia menambahkan.

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015