Sunderland, Inggris (ANTARA News) - Pelatih asal Belanda, Dick Advocaat, secara resmi mundur dari jabatan pelatih kepala klub Inggris Sunderland, Minggu WIB.

Melalui laman resmi (www.safc.com) pihak klub menerbitkan pengumuman pengunduran diri pelatih yang berhasil menyelamatkan Sunderland dari degradasi musim lalu.

Hingga pekan ke-8 Liga Utama Inggris, Advocaat belum mampu mempersembahkan satu kemenangan pun bagi Sunderland yang saat ini terpuruk pada peringkat 19.

Pada laga terakhirnya bersama Sunderland, Advocaat hampir membawa timnya menang, namun setelah unggul 2-1 atas West Ham United mereka harus bermain dengan 10 pemain sehingga tim tamu memaksa hasil imbang 2-2.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua yang berdiri di belakang saya. Ini adalah klub yang spesial, berisikan orang-orang hebat, namun saya rasa ini waktu yang tepat untuk melakukan ini (mundur) - bukan demi saya, tapi demi klub ini," kata Advocaat.

Ia mengaku meninggalkan klub dengan cara baik-baik dan dalam konteks hubungan yang baik dengan para dewan direksi serta pemilik klub.

"Saya berharap Ellis Short, Lee Congerton, seluruh staf, pemain dan para pendukung yang membuat saya merasa disambut hangat di sini agar mendapatkan nasib terbaik di sisa musim ini. Saya memiliki beberapa kenangan indah yang saya bawa dari sini dan semoga saya tetap bisa kembali menemui semua orang suatu saat nanti," kata Advocaat.

residen Sunderland Ellis Short mengaku sedih dengan kepergian Advocaat dan berterima kasih atas segala apa yang telah dilakukan pelatih itu untuk timnya.

Bersamaan dengan kepergian Advocaat, Asisten Pelatih Zeljko Petrovic juga turut meninggalkan posisinya di Sunderland.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015