Pelantikan ini juga untuk mengesahkan bahwa organisasi pers yakni IJN Papua dan Papua Barat resmi ada di daerah ini."
Jayapura (ANTARA News) - Ketua dan jajaran pengurus Indonesian Journalist Network (IJN) atau Jaringan Jurnalis Indonesia Papua dan Papua Barat pada Selasa (6/10) akan dikukuhkan oleh Ketua DPP IJN Yaya Suryadarma di salah satu hotel di Kota Jayapura.

Ketua panitia pelantikan Djefry Patirajawane di Jayapura, Minggu, mengatakan pelantikan atau pengukuhan itu akan dilakukan setelah RI Vanwi Subiyat terpilih menjadi ketua IJN beberapa waktu lalu.

"Pelantikan ini juga untuk mengesahkan bahwa organisasi pers yakni IJN Papua dan Papua Barat resmi ada di daerah ini," katanya.

Menurut dia, sebelumnya IJN menggunakan nama PWI Reformasi namun dalam perjalanannya mengalami berbagai perubahan sehingga diputuskan untuk berganti nama.

"Kehadirian IJN di Papua dan Papua Barat bukan sebagai saingan, tapi untuk bersinergi dengan pemerintah dan organisasi pers lainnya yang terlebih dahulu ada," katanya.

Djefry yang juga kontributor TV swasta nasional itu mengatakan usai pengukuhan, IJN Papua dan Papua Barat langsung menggelar diskusi dengan judul "Keterbukaan Papua bagi jurnalis asing".

"Sejam setelah pelantikan, IJN akan menggelar diskusi yang melibatkan sejumlah nara sumber yang berkompeten. Ini merupakan seminar kedua yang IJN Papua dan Papua Barat lakukan. Intinya, seminar itu ingin memberikan pemahaman yang baik dan benar tentang kemajuan pembangunan di berbagai bidang oleh pemerintah di Papua dan Papua Barat," katanya.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015