Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera meluncurkan program investasi padat karya untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang digelar di Balaraja Barat, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana Joko Widodo dijadwalkan akan meluncurkan program investasi padat karya untuk menciptakan lapangan kerja di PT Adis Dimension Footwear Jl Raya Serang Km 24 Balaraja Barat, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Senin.

Kegiatan itu akan dilakukan pada Senin (5/10) sekitar pukul 14.00 WIB setelah Presiden Jokowi selesai melaksanakan Upacara Peringatan Ke-70 Hari TNI Tahun 2015 di Dermaga PT Indah Kiat, Kota Cilegon, Provinsi Banten.

Pada kesempatan itu, rencananya Presiden akan didampingi sejumlah pejabat dan menteri Kabinet Kerja di antaranya Menko Perekonomian Darmin Nasution, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani, dan Gubernur Banten Rano Karno.

Acara itu digelar untuk mendorong sektor padat karya agar tumbuh pesat di tengah merebaknya fenomena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Sejumlah kalangan memperkirakan pada periode Januari-Agustus 2015 sudah ada pekerja yang terkena PHK sebanyak 26.506 orang.

Jumlah tersebut berpotensi meningkat, karena masih banyak perusahaan yang tidak melaporkan kebijakan PHK terhadap karyawannya.

PHK tersebut terjadi di beberapa provinsi seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Kalimantan.

Tahun lalu, pekerja yang tercatat terkena PHK jumlahnya mencapai 77.000 orang.

Presiden Jokowi setelah meluncurkan program investasi padat karya, rencananya akan melakukan Rapat Terbatas dengan topik Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Kantor Presiden Jakarta sekitar pukul 17.00 WIB.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015