Perlu dipastikan apakah kabut asap disebabkan perbuatan manusia atau kebakaran terjadi akibat cuaca kering"
Kuala Lumpur (ANTARA News) - Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Razak mengatakan pemerintah Indonesia perlu mengambil tindakan terhadap pihak yang menjadi dalang penyebab kabut asap yang bukan hanya memberi dampak buruk terhadap kualitas udara di Malaysia, tetapi juga ekonomi negara.

Najib mengatakan, hanya Indonesia saja yang dapat memastikan dan membuktikan apakah kabut asap ini disebabkan oleh aktivitas pembakaran terbuka oleh perusahaan perkebunan di negara itu atau akibat perubahan cuaca.

"Perlu dipastikan apakah kabut asap disebabkan perbuatan manusia atau kebakaran terjadi akibat cuaca kering," katanya seperti dikutip Bernama, Senin, pada akhir kunjungannya selama tiga hari di Milan.

Ia mengatakan, penyelesaian masalah kabut asap memerlukan kerja sama erat antara Malaysia, Indonesia, dan Singapura dalam mewujudkan rencana aksi yang lebih efektif.

Ia mempertimbangkan perjanjian yang dibuat antara ketiga negara dalam menangani isu kabut asap.

"Malaysia bersama-sama Singapura dan Indonesia masih berusaha menterjemahkan perjanjian itu dalam bentuk tindakan sesuai supaya masalah tersebut tidak berulang," katanya.

Pewarta: N. Aulia Badar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015