Hitung mundur 333 hari jelang PON XIX/2016 akan melibatkan seluruh atlet Pelatda Jabar dan juga atlet legendaris Jabar...
Bandung (ANTARA News) - Jawa Barat memilih momen 333 hari menjelang PON XIX/2016, 10 Oktober 2015 menjadi waktu pengukuhan Kontingen PON Jabar.

"Hitung mundur 333 hari jelang PON XIX/2016 akan melibatkan seluruh atlet Pelatda Jabar dan juga atlet legendaris Jabar, pada hari itu Kontingen PON XIX/2016 akan dikukuhkan," kata Ketua Panitia Kegiatan 333 Hari Jelang PON XIX/2016 Heifendri di Bandung, Senin.

Pengukuhan 1.500 atlet Pelatda Jabar akan dilakukan di Lapangan Atletik Pajajaran Sport Center Kota Bandung, sedangkan puncak hitung mundur 333 Hari PON XIX/2016 akan dipusatkan di Gedung Sate Kota Bandung yang digelar selama dua hari.

Kegiatan itu juga akan melibatkan seluruh atlet Peparnas XV/2016 yang juga akan menjadi bagian dari perhelatan olahraga nasional itu.

"Seluruh atlet dari 44 cabang olahraga akan dilibatkan, termasuk cabang ekshebisi juga akan ditampilkan pada acara Sport Expo pertama di Kota Bandung yang akan digelar selama dua hari berturut-turut di Jalan Diponegoro Kota Bandung," katanya.

Para atlet PON XIX/2016 Jabar saat ini sudah bergabung di Pelatda dalam sentralisasi latihan. Hanya sebagian kecil saja cabang olahraga yang belum melakukan sentralisasi.

KONI Jabar yang menjadi penyelenggara hitung mundur 333 Hari Jelang PON XIX/2016 menyajikan hal baru, selain melibatkan atlet yang akan melakukan long march seusai dikukuhkan di Kompleks Pajajaran ke Gedung Sate Kota Bandung.

"Karena PON XIX/2016 merupakan ajang pestanya olahragawan, maka para atlet wajib dilibatkan karena merekalah yang menjadi pemeran utama dalam ajang itu. Sehingga kami bawa semua atlet ke perhelatan itu," kata Heifendri.

Untuk penyelenggaraan acara itu, KONI Jabar menggandeng PT Bandung Utama Raya yang juga merupakan manajemen klub bola basket asal Kota Bandung, Bandung Utama. Kegiatan itu ditargetkan bisa menghadirkan 50.000 pengunjung ke Sport Expo itu.

Bahkan pada ajang Sport Expo itu akan digelar nonton bareng pertandingan semifinal Piala Presiden 2015 antara Persib Bandung melawan Mitra Kukar. Momen itu diperkirakan akan menjadi daya tarik tersendiri dari momen 333 Hari Jelang PON XIX/2016.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015