Dharmasraya (ANTARA News) - Mendi Sohrabi menjuarai etape terpanjang Tour de Singkarak (TDS) 2015 dari Sijunjung dan finis di Dharmasraya Sport Center, Dharmasraya, Sumatra Barat, Senin, dengan catatan waktu 4:29:14 untuk menempuh jarak 184,5 km.

Pebalap Tabriz Petrochemical Team (TPT) Iran ini menang adu sprint dengan pebalap lain baik dari Indonesia maupun asing. Sepuluh besar pebalap terdepan didominasi spesialis sprinter.

Di belakang Mehdi Sohrabi ada Nur Amirull Fakhuddin Mazuki dari Trengganu Cycling Team Malaysia dan Takeaki Ayabe dari Aisan Racing Team, Jepang dengan catatan waktu sama.

Pada etape ini pebalap Indonesia masuk sepuluh besar. Ada Fatahillah Abdullah yang memperkuat Tim Indonesia. Pebalap bernomor start 194 ini finis urutan keempat, sedangkan Heksa Prasetya dari Custom Cycling Club finis urutan delapan dengan catatan waktu sama.

Namun juara etape kedua Amir Zargari dari Pishgaman Giant Team Iran tak masuk sepuluh besar di etape ini. Meski demikian, juara bertahan TDS masih tetap bertengger pada posisi pertama klasemen umum (yellow jersey) dengan total waktu 7:56:26.

Untuk pebalap dengan predikat raja sprint (green jersey) jatuh  ke tangan pebalap 7 Eleven Filipina, Mark John Lexer Galedo yang saat ini mengumpulkan sebelas poin. Sebelumnya kaos bergengsi ini dipegang pebalap Pishgaman Giant Team, Hossein Askari.

Predikta raja tanjakan atau pemegang Polkadot jersey hingga saat ini masih dikuasi pebalap Bridgestone Anchor Cycling Team Jepang, Sho Hatsuyama dengan 15 poin dan di bawahnya ada Ahad Kazemi Sarai dari TPT dengan 12 poin.

Untuk dua kaos sisanya yaitu orange jersey (pebalap ASEAN tercepat) dan red and white jersey (pebalap Indonesia tercepat) masih dipegang pebalap Pegasus Continental Cycling Team (PCT) Jakarta, Aiman Cahyadi. Total catatan waktunya adalah 8:03:26. 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015