Berlin (ANTARA News) - Mantan gelandang Liverpool asal Jerman Dietmar Hamann meyakini bahwa mantan pelatih Borussia Dortmund Jurgen Klopp merupakan kandidat ideal untuk menggantikan pelatih Brendan Rodgers.

Menurut laporan-laporan media Inggris pada Minggu, Klopp dan Carlo Ancelotti merupakan kandidat-kandidat kuat untuk menggantikan Rodgers, yang dipecat oleh Liverpool pada Minggu setelah Si Merah bermain imbang 1-1 dengan Everton yang membuat mereka menghuni peringkat kesepuluh di klasemen Liga Utama Inggris.

Klopp (48) tengah menganggur sejak mengundurkan diri dari Dortmund pada akhir musim lalu.

Hamann, yang merupakan bagian tim Liverpool yang menjuarai Liga Champions 2005 dan kini bekerja sebagai pengamat sepak bola di Jerman, meyakini kompatriotnya itu sebagai sosok yang mampu membangkitkan raksasa tidur Merseyside.

"Itu harus diisi pelatih bertaraf internasional. Dua sosok yang banyak disebut-sebut adalah Ancelotti dan Klopp. Saya pikir Jurgen Klopp akan lebih diunggulkan," kata Hamann (42) kepada Sky Sports Jerman.

"Emosi-emosi di Liverpool perlu dibangkitkan."

"Orang-orang kehilangan kepercayaan kepada tim dan penting bahwa siapapun orang yang datang untuk membangunkan lagi orang-orang dan melakukan berbagai hal yang tepat."

"Jurgen Klopp, yang menghidupkan hasrat dan cintanya untuk permainan, akan sangat cocok untuk mentalitas Liverpool. Ia akan menjadi solusi ideal bagi saya."

Pemain internasional Jerman yang saat ini memperkuat Liverpool Emre Can berkata kepada Die Welt bahwa Klopp memiliki apa yang diperlukan untuk mendatangkan kembali kesuksesan ke Anfield.

"Jurgen Klopp tentu saja merupakan pelatih hebat. Saya pikir ia telah mendemonstrasikannya di Liverpool bahwa ia dapat bekerja di tim manapun di dunia," kata pemain 21 tahun itu.

Klopp memimpin Dortmund memenangi gelar Liga Jerman dua kali berturut-turut pada 2011 dan 2012, tahun ketika mereka memenangi gelar ganda di ajang domestik setelah menghancurkan Bayern Munich dengan skor 5-2 di final Piala Jerman, ketika Robert Lewandowski membukukan trigol ke gawang klub yang diperkuatnya saat ini.

Ia juga memimpin Dortmund ke final Liga Champions 2013, ketika mereka kalah 1-2 dari Bayern.

Klopp yang karismatis mampu berbicara bahasa Inggris dengan bagus dan berkata pada tahun lalu bahwa ia ingin bekerja di Liga Utama Inggris.

"Saya pikir selain Jerman, Inggris merupakan satu-satunya negara lain di mana saya semestinya bekerja," kata Klopp kepada majalah Jerman Focus pada tahun lalu.

"Sederhana saja karena saya sedikit mengetahui bahasanya dan saya memerlukan (pengetahuan) bahasa untuk pekerjaan saya." Demikian laporan AFP.

(Uu.H-RF/A020)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015